Senin, 29 November 2010

Tips aman sebelum membeli Blackberry (BB)

Blackberry…. Sudah banyak yang menjadi korban dari gadget ini. Maksudnya bukan korban benjol ketimpuk blackberry.. Tetapi korban karena kurangnya informasi sebelum membeli gadget ini yang ternyata setelah terbeli akhirnya kena pin suspend, dan berbagai masalah lain.
Udah belinya mahal, eh malah pin kena suspend gimana ngga puyeng.. Belum lagi segunung masalah yg lain kalau beli blackberry asal-asalan. Ini adalah cara pribadi saya sebelum membeli blackberry.
Tips ini bisa digunakan untuk semua jenis blackberry (Blackberry Storm, Storm 2, Blackberry Bold 9000, Bold 9700 (Onyx), Javeline (Curve 8900), Curve 8320, Curve 8310, Gemini (Curve 8520), Curve 8300, Blackberry Pearl, Pearl Flip 8200, Blackberry Tour, Blackberry 8700 Series.
Misalkan ada yang menawari saya blackberry atau saya melihat iklan dijual blackberry maka saya :
  • Tidak akan membeli blackberry dari iklan baris atau semacamnya di internet yg alamatnya jauh apalagi di luar kota saya sekalipun harganya sangat murah.
  • Saya akan utamakan COD atau ketemuan dalam membeli barang.
  • Saya tidak akan pernah membeli blackberry batangan kecuali saya tahu betul riwayat yang punya beserta BBnya.
  • Blackberry ada garansi distro dan operator. Kalau membeli dari distro (distributor) saya akan mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang distro tersebut, lokasinya di kota saya serta keluhan di surat pembaca, forum, dsb. Berlaku pula utk garansi operator.
  • Saya tidak akan pernah membeli blackberry refurbished dan BM (black market) pilihan saya hanya ada di BB New, 14 day, dan Blackberry Second.
Tips Membeli Blackberry Baru (BNIB alis brand new in box alias segel) :
  • Tanyakan garansinya kepada penjual apakah garansi distro atau garansi operator. Kalau distro atau operator tanyakan distro atau operator mana.
  • Setelah diketahui cari info mengenai distro atau operator tersebut. Bagaimana klaim garansi, dimana tempat klaim garansi dsb. Meskipun terdengar remeh tapi anda akan bersyukur di kemudian hari.
Tips Membeli Blackberry Second dan 14 hari :
Kasus : misalkan ada yg menawarkan blackberry second lewat sms atau lihat di iklan.
  • Tanyakan bekas garansi mana.
  • Cari tahu tentang perusahaan pemberi garansi tersebut. Lokasi, keluhan pelanggan (surat pembaca atau blog), dll (Berguna juga buat membeli BB second karena kita bisa tahu kualitas barunya seperti apa jd ada sedikit bayangan bagaimana kualitas barangnya yg second).
  • Saya pribadi ngga pernah beli batangan jadi selalu ada box dan lebih enak lagi kalau kartu garansinya masih ada meskipun garansinya habis (berguna untuk mengetahui asal usul barang).
  • Setelah kita tahu asal usul barang tersebut saatnya ketemuan dengan penjual.
  • Cek kondisi barang. Anda bisa melihat sendiri apakah barangnya masih bagus atau sudah lecet-lecet. Trackballnya apakah masih bagus, dll
  • Setelah itu ke masalah PIN. PIN itu bagaikan KTP bagi BB. Jadi kalau ktpnya palsu sudah pasti ngga akan bisa digunakan untuk menikmati layanan BIS BB yg artinya PIN SUSPEND. BB anda hanya akan bisa dibuat untuk telpon dan sms serta bernarsis ria lewat kamera.
  • Untuk mengecek apakah pin suspend atau tidak. Aktifkan layanan BIS Unlimited pada kartu anda (harus layanan BIS yg unlimited) dan pilih saja yg BIS harian.
  • Masukkan kartu yg layanan BIS UNLIMITEDNYAnya sudah aktif ke handset BB yg akan dibeli.
  • Anda akan melihat tulisan jaringan misalnya (salah satu) gprs/edge/3g menjadi huruf besar semua yaitu GPRS/EDGE/3G kalau terjadi seperti ini berarti pin aman. Kalau masih ngga berubah menjadi huruf besar ini kemungkinan pin suspend (kebanyakan) atau ada masalah sama handsetnya.
  • Lihat pin dan nomor imei di boxnya lalu cocokkan dengan pin dan imei di belakang battery blackberry. Kalau cocok hidupkan handsetnya kemudian pencet (berbarengan) alt + shift + H anda akan melihat pin dan imei, kalau cocok dengan yg di box berarti semua aman.
  • Lanjutkan dengan pembayaran atau negosiasi harga.
Tambahan : ada juga tipsnya yaitu klik menu BB –> option –> status kemudian ketik (buyr) dan akan kelihatan data usage dan voice usage. Tetapi data ini bs dimanipulasi sehingga saya pribadi ngga terlalu menjadikannya sebagai acuan.
Alasan kenapa saya enggan membeli blackberry batangan, bm atau refurbished :
  1. Garansi : sudah jelas tidak ada. Kalaupun ada paling hanya seminggu atau sebulan.
  2. Resiko : pin suspend bisa menghampiri sewaktu-waktu.
  3. Gadget tiba2 mati dan ga mau idup lagi.
  4. Blackberry batangan : alasannya simple.. saya ngga tahu asal usul barangnya bisa saja barang curian, refurbished, atau bm.
  5. Refurbished : sudah banyak yg saya lihat kebingungan karena kena pin suspend dan ada pula yg saya lihat sampai sekarang masih baik-baik saja (jadi istilahnya untung2an).
  6. Itulah kenapa saya lebih memilih BB BNIB atau kalau BB second yg masih ada boxnya terlebih lagi ada kartu garansinya.
Tips bagi yang memiliki blackberry baru dan berniat menjualnya dikemudian hari yaitu pastikan semua kelengkapannya saat membeli masih ada seperti box, kartu garansi, dan kelengkapan lain bahkan kalau perlu sampai nota pembeliannya sekalian. Ini akan membuat blackberry anda lebih cepat terjual dan pembeli lebih yakin akan asal usul barang.
Blackberry ini bukan handset biasa yg dengan mudah dibeli sembarangan karena yg menjadi point bukanlah kamera, fitur music atau video. Tetapi layanan BIS-nya yg mau ngga mau harus berhubungan dengan PIN blackberry itu sendiri. Mending ribet duluan daripada ribet belakangan yg dapat mengganggu pekerjaan.
Bingung membeli Blackberry yg mana? Berikut adalah perbandingannya :
  • Blackberry Bold (bold 9000) dan Onyx (Bold 9700) (sama-sama support 3G/HSDPA) klik disini
  • Perbandingan Blackberry Curve 8900 (Javeline) dengan Gemini (Curve 8520) yg sama-sama hanya support EDGE Klik disini
  • Perbandingan semuanya Javeline, Gemini, Bold dan Onyx Klik disini
Yang pernah saya pakai :
Bold 9000 dan Javeline serta sedikit perbandingan antara keduanya:
Bold lebih berat dibandingkan dengan javeline, dan ukuran javeline lebih pas di tangan sedangkan bold agak kegedean. Untuk layar bold jelas lebih besar dibanding javeline. Untuk membaca tulisan saat browsing lebih gampang menggunakan bold 9000. Javeline lebih enak digunakan untuk mengetik dan kesalahan agak jarang sedangkan bold lebih sering terjadi kesalahan saat pengetikan pesan, sms atau pun saat chat.
Kualitas foto : jelas menang javeline (3.2mp) dibandingkan bold (2.0mp). Kualitas suara pada headset bisa dikatakan sebanding. Suara pada speaker phone masih menang bold tapi masih kalah keras dengan GVON920. Kualitas video sama-sama bagus tetapi layar lebih besar bold (masalah selera sih sebenarnya) tapi saya pribadi pilih bold.
Blackberry ini bukan gadget hiburan buat gamers atau orang yg senang multimedia. Blackberry ini gadget internet yg berhubungan dengan kerjaan atau bisnis. Jadi kalau membeli blackberry dengan tujuan multimedia ngga sampai seminggu anda akan bosan menggunakannya. Kalau mau gadget multimedia saran saya pilihlah iphone meskipun harus bawa charger kemana-mana tapi mantap untuk hiburan dan multimedia.
Kalau anda penggemar music pilihlah Sony Ericsson atau Samsung dengan sedikit utak atik di equalizer dijamin kualitas suaranya maknyus. Readmore Cara Cek Blackberry Asli atau Blackberry Tiruan (Aspal/Palsu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar