Minggu, 10 Oktober 2010

Tips Menghadapi Orang Banyak/Presentasi


Pernah dengar kan kalimat “Practices Makes Perfect”? coba deh kamu terapin… seperti latihan bicara didepan cermin sebelum kamu tampil aktif dalam organisasi, aktif berdiskusi kalau sudah terbiasa lama kelamaan dah jadi biasa dan kamu nggak akan grogi lagi jika bicara didepan umum atau orang banyak sekalipun.
Seringkali kita grogi ketika harus bicara didepan umum. Bahkan tak jarang pula deg-degan atau keluar keringat dingin… parahnya lagi kalau kita blank dan nggak tahu apa yang kita ingin kita omongin di depan umum. Nah bagaimana sih untuk mengatasi semua itu?


  1. Tahu Materi/Kuasai Bahan Anda
Sebelum maju ke depan kamu pelajari dan kuasai dulu materi yang akan kamu presentasikan di hadapan pendengar nanti. Jika kamu tidak memahami apa yang ingin kamu sampaikan bisa bisa kamu malah blank dan nggak bisa mengontrol apa yang akan kamu sampaikan ke audience. Dengan menguasai materi kamu akan menjadi lebih pede dan lebih mantap dalam menyampaikan materi.
  1. Tahu Penonton
Menyapa beberapa penonton saat mereka tiba. Lebih mudah untuk berbicara kepada sekelompok teman daripada orang asing.
  1. Tahu Ruangan
Datang lebih awal, berjalan di sekitar area dan praktek berbicara menggunakan mikrofon dan alat bantu visual.
  1. Tenang
Mulailah dengan berbicara kepada penonton. Ini membeli waktu Anda dan menenangkan saraf Anda. Jeda, tersenyum dan hitung sampai tiga sebelum berkata apa-apa. ( "Satu satu-seribu, dua satu-seribu, tiga satu-ribu. Tunda. Begin.) Transform energi gugup menjadi antusiasme. Ketika berada di depan umum berpikirlah positif jangan takut salah atau ditertawakan. Kalau kamu suka gemetaran saat bicara di depan umum. Bila memungkinkan coba deh kamu memegang suatu benda seperti pulpen kertas dsbnya untuk mengalihkan rasa gugupmu.
  1. Hindari
Jangan minta maaf untuk segala kegugupan atau masalah - penonton mungkin tidak pernah melihatnya.
  1. Hadapi Saja
Banyak orang yang bilang kalau tampil di depan umum “anggap saja didepanmu nggak ada orang”… bahkan ada yang bilang “anggap aja didepanmu batu semua”. Lah kalau nggak ada orang kita ngomong ma sapa dong??? Nah lebih baik kita hadapi audience kita. Anggaplah mereka teman – teman dekat kita. Sehingga kita lebih mudah mempresentasikan apa yang ingin kita sampaikan. Tatap mata mereka dan komunikasikan apa yang kita ingin sampaikan dihadapan umum. Dengan kontak mata kamu bisa menghilangkan rasa gugupmu.
  1. Sama Saja
Sebenarnya ngomong didepan umum itu nggak ada masalah. Sedari kecil kita sudah belajar ngomong dan sering bercerita panjang lebar menceritakan sesuatu. Nah apa bedanya dengan bicara didepan orang banyak? Tetaplah percaya diri. Karena sebenarnya orang lain juga akan merasakan hal yang sama ketika ada dalam posisimu.
  1. Berkonsentrasi pada pesan - bukan media
Fokuskan perhatian Anda dari kecemasan Anda sendiri dan memusatkan perhatian pada pesan dan audiens Anda.
  1. Perhatikan Penampilan
Tidak dapat dipungkiri penampilan juga cukup menunjang kepercayaan diri seseorang. Untuk itu persiapkanlah penaampilamu mulai dari atas sampai bawah. Gunakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan kondisi saat kamu ingin mempresentasikan sesuatu.
  1. EYD
Biasakanlah menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar. Sehingga ketika suatu kali kamu harus berbicara di suatu tempat yang formal kamu tidak perlu kagok lagi untuk merangkai kata-kata yang ingin kamu sampaikan.
  1. Timbak Balik
Saat berbicara di depan umum kita tidak berbicara untuk diri kita tapi untuk disampaikan kepada pendengar. Aturlah intonasi suara kita mimik serta pandangan mata kita. Buatlah suasana serileks mungkin berikanlah perhatian pada audience kalau kita juga ingin diperhatikan oleh audience.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar